☎0811.911.9041

Pusat Pelatihan Komputer dan Percetakan

Trik Mengembalikan data YANG HILANG dengan GETDATABACK

Apakah anda mengalami panik ketika kehilangan data di komputer anda?. Saya rasa siapapun pernah mengalami hal seperti ini, baik terhapus tidak sengaja maupun terhapus disebabkan virus,ataupun ke format sewaktu mau Install Ulang, dan taukah anda berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mengembalikan data yang hilang? kalau iseng-iseng kita tanya ke mengga dua berapa bianya, hampir mencapai Rp. 2.500.000, itu juga kalau filenya masih bagus, kalau tidak bisa lebih mahal lagi, nah cukup mahal bukan?, tapi sekarang anda tidak perlu kwatir lagi, karena ada cara untuk mengembalikan data yang hilang karena hal apapun,yaitu dengan GetDataBack, Bagaiman caranya?

GetDataBack terdiri dari 2 jenis yaitu.

  1. Get Data Back for FAT32 : yaitu untuk mengembalikan data di partisi FAT32.
  2. Get Data Back for NTFS : yaitu untuk mengembalikan data di partisi NTFS32

Jadi sebelum anda mulai proses, pastikan dulu jenis partisi apa yang akan anda recovery datanya, FAT32 ataukah NTFS. Biar tidak terjadi kesalahan dalam pengembalian data.

Berikut langlah-langkah pengembalian data yang hilang dengan GetDataBack

  1. Tentu anda harus mendownload softwarenya Disini.
  2. Install program tersebut pada PC atau laptop anda, pastikan FAT32 untuk (FALSHDISK,MEMORY) sementara NTFS 32 untuk ( HARDDISK baik internal maupun external).
  3. Buka program GetDataBack (Jangan lupa: Klik kanan ikon, Run As Administrator)
  4. Pilih menu help > Register
  5. Masukkan nama dan Serial number
  6. Klik OK
  7. Disini ada beberapa pilihan yaitu ( I don't know, use default setting(tidak tau gunakan saja settingan yang ada), Format or Fdisk ( Rusak karena ke format ), Sustained files system damage or new Operating system isntalled( ke format waktu install ulang ), I want to recover deleted files ( data ke delete) anda pilih salah satu opsi yang ada seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini
  8. Kemudian anda klik next
  9. Jika Muncul Warning, klik OK, tutup program, dan ulangi dari langkah 1. Ingat, usahakan harus Run As Administrator. Bukan hanya di double klik saat membukanya. Jika tidak muncul Warning lanjutkan langkah selanjutnya.
  10. Di bagian kiri (Available drives), pilih drive yang akan di-Recovery
  11. Sebagai contoh adalah 2nd hard drives (Flashdisk 16 GB), klik tanda tambah (+) sehingga muncul bagian perluasannya di bawah. Pilih (klik) yang 1st partition (FAT32 LBA) 14,4 GB
  12. Klik Next
  13. Tunggu sampai proses selesai
  14. Pada bagian kiri ada pilihan “Found file system”, pilih salah satu file system yang berwarna hijau. Jika ingin menampilkan semua file sistem yang berhasil ditemukan, ubah “Show Recomended” menjadi “Show All”
  15. Klik Next
  16. Tunggu sampai proses selesai
  17. Pilih file-file dan folder yang ditemukan untuk dicopy.

Catatan: Sebaiknya meng-copy file yang ditemukan di tempat (drive) lain untuk menghindari kehilangan file secara permanent jika proses belum selesai.

Sekian tutorial kali ini, tentang bagaimana cara mengembalikan data yang terhapus, semoga ada manfaatnya buat anda, jika ada pertanyaan silahkan contact admin

Mencari artikel lain yang cocok untuk anda ? Check disini aja >>

©Acacia Komputerindo,2017