☎0811.911.9041

Pusat Pelatihan Komputer dan Percetakan

Cara Memproteksi Bios Komputer

Kebanyakan BIOS di PC berada dalam kondisi belum diproteksi. Hal ini bisa menimbulkan kerawanan jika computer yang bersangkutan rentan akan disalah gunakan orang lain. Untuk mencegah hal ini, anda dapat memproteksi BIOS anda dengan menggunakan password..

PC pada umumnya menyediakan 2 jenis password, yaitu supervisor/Setup dan password user/boot. Password supervisor berguna untuk mengakses halaman setup dan booting di BIOS. Sementara password user hanya berguna untuk mengatur booting saja.

Untuk menyeting password di pc, loginlah kedalam BIOS, dengan menenakan tombol DELETE pada keyboard, ini akan berbeda kalau seandainya anda menggunakan laptop, pada laptop ada beberapa variasi tombol yang digunakan, tergantung dari merk dari laptop itu sendiri. Semisal ASUS bisa menekan Tombol F1 atau F2. Setelah login anda bisa membuka menu SETUP atau menu SECURITY dihalaman Bios Setup Utility Anda. Lalu pilih menu Set Supervisor Password untuk menyeting password Supervisor dan Set User Password untuk menyeting password User

Password user akan menjaga system dari booting, sehingga jika password yang diisikan salah, computer tidak akan mampu booting. Dengan demikian, password ini dapat digunakan untuk mencegah adanya instrusi dan ancaman hacking dari orang yang tak berhak menggunakan computer. Selain itu password ini juga mencegah orang lain mengedit password user tersebut.

Jika mengeset password User, Anda juga Wajib mengeset password Supervisor. assword supervisor mencegah orang lain login ke password dan mengubah password user tersebut. Selain itu agar orang lain tidak bisa mengalokasikan password supervisor ke computer Anda.

Mencari artikel lain yang cocok untuk anda ? Check disini aja >>

©Acacia Komputerindo,2017